Total Tayangan Halaman

Senin, 30 Mei 2016

EKOSISTEM

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) SEBELAS APRIL SUMEDANG
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH, TERAKREDITASI BAN-PT
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA (PENMAT) TERAKREDITASI BAN-PT
PROGRAM STUDI JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI (PJKR), TERAKREDITASI BAN-PT
PENDIDIKAN GURU PAUD, TERAKREDITASI BAN-PT
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, TERAKREDITASI BAN-PT
stkip11_april@yahoo.co.id
Kampus : Jalan Aggrek Situ No.19 Tlp. (0261) 202911 Fax. (0261) 210223 SUMEDANG
 


Nama
:
Nolit Triyanto
NIM
:
-
Mata Kuliah
:
Dasar – Dasar Biologi
Program Studi
:
S1/PGSD
Dosen
:


Tugas :
1.      Coba anda amati ekosistem daratan yang berupa lapangan rumput. Makhluk apa saja yang berada di sana!
2.      Jelaskan tingkat tropik dari piramida jumlah dari suatu kolam!
3.      Uraikan alasan-alasan yang menyatakan pertumbuhan penduduk mengakibatkan pencemaran !
4.      Bagaimana cara mengelola sumber daya alam secara bijaksana?

Jawaban :
1.      Ekosistem padang rumput terdapat di daerah tropis hingga beriklim sedang, seperti Hongaria, Amerika Selatan, Australia dan Rusia Selatan. Di Indonesia, padang rumput terdapat di Nusa Tenggara. Rata-rata curah hujan 205-50 cm/tahun (ada yang mencapai 100 cm/tahun) dan hujan turun tidak teratur. Di daerah yang curah hujannya tinggi, rumput tumbuh subur hingga tingginya mencapai 3 m, seperti bluestem grasses. Sementara di daerah  yang curah hujannya rendah terdapat rumput yang pendek, seperti grama grasses dan buffalo grasses. Hewan yang hidup di padang rumput, seperti ; reptile, burung, kanguru, kijang, singa, cheetah, jaguar, serigala, ular, pengerat, serangga, zebra, dan jerapah.

2.      Ekosistem Kolam
1.      Lumut sebagai Produsen
2.      Zooplankton sebagai Konsumen ke - I
3.      Udang, Siput, Kepiting sebagai Konsumen ke – II
4.      Ikan Mas, Ikan Mujair sebagai Konsumen ke – III
5.      Manusia sebagai Konsumen ke – IV
6.      Bakteri (Dekomposer)

Lumut memanfaatkan bantuan energi sinar matahari agar dapat menghasilkan makanan sendiri. Lumut disini berperan sebagai produsen karena komponen ini termasuk dalam komponen autotrof yaitu organisme yang dapat menghasilkan makanan sendiri. Lumut sendiri termasuk sumber makanan bagi zooplankton atau biasa disebut konsumen. Pada trofik berikutnya ditempati oleh udang, siput dan kepiting lalu trofik berikutnya ditempati oleh ikan mas sebagai konsumen sekunder dimana ikan yang ada pada kolam tersebut memakan zooplankton sebagai sumber makanan. Selanjutnya, ikan mas tersebut dikonsumsi oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kemudian terbentuklah suatu rantai makanan yang saling berhubungan dan tidak dapat dihilangkan salah satu komponennya.

3.      Pertumbuhan Penduduk yang mengakibatkan Pencemaran
Jumlah penduduk yang semakin meningkat menyebabkan kebutuhan makin meningkat pula.hal ini berdampak negative pada lingkungan, yaitu :
a.       Semakin berkurangnya lahan produktif, seperti sawah dan perkebunan karena lahan tersebut dipakai untuk pemukiman.
b.      Semakin berkurangnya ketersediaan air bersih. Manusia membutuhkan air bersih untuk keperluan hidupnya. Pertambahan penduduk akan menyebabkan bertambahnya kebutuhan iar bersih. Hal ini menyebabkan persediaan air bersih menurun.
c.       Pertambahan penduduk juga menyebabkan arus mobilitas meningkat. Akibatnya kebutuhan alat transportasi meningkat dan kebutuhan energy seperti minyak bumi meningkat pula. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran udara dan membuat persediaan minyak  bumi semakin menipis.
d.      Pertambahan penduduk juga menyebabkan semakin meningkatnya limbah rumah tangga, seperti sampah dan lain-lain. Hal ini menyebabkan pencemaran lingkungan.

4.      Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih makmur dan sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Kita juga bias mengelola sumber daya alam dengan catatan pengelolaan harus dengan baik dan tidak merusak ekosistem di sekitarnya.

A.    Cara Pengelolaan Sumber daya alam
Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian. Alam mempunyai sifat yang beraneka ragam namun serasi dan seimbang. Oleh karena itu, perlindungan dan pengawetan alam harus terus dilakukan untuk mempertahankan keserasian dan keseimbangan itu.
Oleh karena itu, agar pemanfaatannya dapat berkesinambungan, maka tindakan eksploitasi sumber daya alam harus disertai dengan tindakan perlindungan. Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harusdilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut:
1.      Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien, misalnya: air, tanah, dan udara. 
2.      Menggunakan bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran).
3.      Mengembangkan metoda menambang dan memproses yang efisien, serta pendaurulangan (recycling). 
4.      Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam.

B.     Cara memelihara dan melestarikan sumber daya alam
Seiring berjalannya waktu, jumlah penduduk semakin bertambah. Jumlah penduduk yang semakin banyak itu mengakibatkan kebutuhan hidup manusia bertambah besar. Misalnya, kebutuhan makan, pakaian, perumahan, dan kendaraan. Usaha pemenuhan kebutuhan manusia menuntut perkembangan teknologi yang semakin maju. Teknologi pun menjadi maju karena manusia mengembangkan ilmu pengetahuan.
Jika tidak dikendalikan penggunaannya maka sumber daya alam akan habis nantinya. Oleh karena itu perlu ada tindakan pelestarian sumber daya alam, adapun usaha-usaha untuk melestarikan alam diantaranya sebagai berikut:
                     1.         Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul
                     2.         Menjaga kebersihan lingkungan
                     3.         Membuat terasering pada pertanian di pegunungan.

                     4.         Membatasi pengambilan sumber daya alam yang berlebihan

Tidak ada komentar: